Pertanyaan Terbaru

Mengapa darah kelihatan berwarna biru ketika berada di dalam tubuh?

http://aku-tanya.blogspot.com/2014/11/mengapa-darah-kelihatan-berwarna-biru.html

Ilustrasi Darah
Ilustrasi Darah
Jika Anda melihat ke bagian bawah pergelangan tangan, Anda bisa melihat beberapa pembuluh darah vena kecil dan darah di dalamnya terlihat berwarna biru dari luar. Bagaimanapun juga, di bagian dalam, darah adalah merah. Jika darah Anda pernah diambil untuk tes medis, Anda bisa melihat bahwa darah yang terkumpul, yang disimpan di dalam tabung berwarna merah bukan biru.

Darah dipompa keluar oleh jantung, membawa oksigen yang diambil dari paru-paru. Darah yang mengandung oksigen ini dibawa ke seluruh tubuh oleh arteri ke organ dan otot Anda, di mana saja. Ia berupa darah merah yang segar. Ketika oksigen dilepaskan dari darah ke dalam tubuh, darah yang tidak mengandung oksigen berjalan kembali ke jantung dan paru-paru melalui pembuluh vena.

Darah di sini berwarna merah gelap bukan merah terang, karena tidak membawa banyak oksigen di dalamnya. Karena banyak dari pembuluh vena Anda yang sangat dangkal dan berada tepat di bawah permukaan kulit, maka darah merah gelap itu terlihat berwarna biru oleh Anda.

Darah merah cerah yang berada di dalam arteri, tersembunyi dari pandangan oleh dinding tebal arteri. Anda bisa merasakan darah itu mengalir melalui arteri Anda dengan menemukan denyutnya di bawah pergelangan tangan di dekat ibu jari.
Support by: Aku Tanya
Copyright © 2014 Aku Tanya Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved