Pertanyaan Terbaru

Apa gunanya tonsil (amandel) Anda?

http://aku-tanya.blogspot.com/2014/11/apa-gunanya-tonsil-amandel-anda.html

Apa itu Tonsil
Apa itu Tonsil
Tonsil adalah dua bola jaringan di belakang tenggorokan Anda (di belakang lidah Anda), yang membantu Anda melawan infeksi karena mengandung sel yang turut menyumbang pada sistem kekebalan tubuh. Jika Anda membuka mulut cukup lebar dan menjulurkan lidah keluar sambil di depan kaca, Anda bisa melihat keduanya sedikit di atas pangkal lidah Anda. Tonsil ini sangat kecil ukurannya ketika Anda lahir.

Tonsil tumbuh sejalan dengan pertumbuhan Anda dan mencapai ukuran terbesarnya ketika Anda berusia dua sampai tujuh tahun. Setelah itu, tonsil itu mengecil sedikit. Perubahan dalam ukuran ini cukup masuk akal. Ketika Anda muda, Anda sering mengalami batuk atau pilek dan Anda membutuhkan tonsil untuk membantu melawan semua bakteri dan virus.

Kadang kala, tonsil Anda bisa terinfeksi dan membengkak - kondisi yang disebut tonsilitis. Tipe infeksi ini bisa berlalu begitu saja atau memerlukan antibiotik, jika infeksinya disebabkan oleh bakteri. Kebanyakan tonsilitis terjadi pada anak-anak, tetapi orang dewasa juga bisa mengalaminya.

Kadang, Anda bisa mengalami tonsilitis berulang atau tonsil Anda bisa membengkak begitu besar sehingga menghalangi pernapasan Anda ketika sedang tidur (sleep apnea). Jika situasi semacam ini terjadi, dokter akan mengusulkan untuk dilakukan pembedahan guna mengangkat tonsil Anda. Operasi ini disebut tonsilektomi - operasi yang sudah sangat tua yang telah dilakukan selama lebih dari tiga ribu tahun. Anda bisa hidup tanpa tonsil karena tubuh Anda memiliki cara lain untuk melawan infeksi melalui sistem kekebalan tubuh seperti kelenjar limpa dan sel darah putih.
Support by: Aku Tanya
Copyright © 2014 Aku Tanya Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved