Pertanyaan Terbaru

Mengapa Anda memiliki usus buntu?

http://aku-tanya.blogspot.com/2012/10/mengapa-anda-memiliki-usus-buntu.html

Usus Buntu

Apendiks adalah kantong kecil dengan panjang beberapa inci, yang memanjang dari sisi kanan usus besar Anda. Untuk sekian lamanya, kita mengira bahwa apendiks tidak mempunyai fungsi apa-apa. Tetapi baru-baru ini, ada yang mengemukakan bahwa apendiks memainkan peranan dalam sistem kekebalan tubuh. Di dalam apendiks, telah ditemukan jaringan kekebalan tubuh yang sama dengan jaringan yang ditemukan dalam kelenjar limpa.

Ingatlah bahwa kelenjar limpa membantu Anda melawan infeksi ketika Anda mengalami sakit tenggorokan, kelenjar limpa di leher Anda membesar untuk membantu mempertahankan tubuh Anda dari infeksi bakteri. Walaupun apendiks ini membantu system kekebalan tubuh, namun ia tidak begitu penting dan tidak aka nada masalah jika apendiks Anda harus diangkat melalui pembedahan.
Salah satu alasan paling umum untuk mengangkat apendiks adalah ketika terjadi peradangan yang dikenal dengan apendisitis (radang usus buntu). Jika pembukaan kantong apendiks ini terhalang oleh pembengkakan setempat, kotoran atau kadang-kadang biji dari buah-buahan atau sayuran yang mungkin telah Anda telan, maka apendiks akan membengkak dan menyebabkan perut Anda sakit, demam dan muntah. Akhirnya, apendiks akan pecah dan menyebabkan infeksi yang semakin meluas di dalam rongga perut. Satu-satunya tindakan untuk mengatasinya adalah dengan pembedahan untuk mengangkat apendiks. Umumnya, radang usus buntu terjadi pada usia pertengahan belasan tahun.
Support by: Aku Tanya
Copyright © 2014 Aku Tanya Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved