Pertanyaan Terbaru

Mengapa Kuku Jari Kaki Tumbuh Lebih Lambat Daripada Kuku Jari Tangan?

http://aku-tanya.blogspot.com/2015/03/mengapa-kuku-jari-kaki-tumbuh-lebih.html


Mengapa Kuku Jari Kaki Tumbuh Lebih Lambat Daripada Kuku Jari Tangan? ~ Kuku Anda tumbuh dari bagian bentuk bulan sabit putih yang ada di pangkalnya yang disebut dengan matriks. Matriks ini membentuk keratin atau protein yang kemudian membangun lempeng atau permukaan kuku. Kerena keratin tidak dibangun dari sel hidup maka Anda tidak akan merasa sakit jika memotongnya.

Keratin adalah protein yang sama yang membangun kuku kuda dan cakar hewan. Jika jari Anda terjepit pintu mobil tentu saja Anda akan merasa sakit karena bagian matriks dari kuku itu berisi sel hidup yang memiliki saraf. Jika pintu mobil itu merusak matriks maka kuku baru akan tumbuh dengan benjolan.

Kuku jari tangan Anda tumbuh dengan kecepatan sekitar satu millimeter atau satu kepala peniti setiap sepuluh hari, tetapi kuku jari kaki tumbuh jauh lebih lambat. Satu teori yang menjelaskan tentang perbedaan ini adalah bahwa sel kuku dirangsang untuk tumbuh oleh kerusakan yang mungkin terjadi, misalnya jika Anda menggigiti kuku maka mereka akan tumbuh lebih cepat. Karena kuku jari tangan Anda lebih sering mengalami kerusakan daripada kuku jari kaki, maka kuku jari tangan tumbuh lebih cepat daripada kuku jari kaki. Dengan bertambahnya usia, laju pertumbuhan kuku akan melambat dan Anda tidak perlu sering memotongnya.
Support by: Aku Tanya
Copyright © 2014 Aku Tanya Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved