Pertanyaan Terbaru

Mengapa kita mempunyai koreng?

http://aku-tanya.blogspot.com/2012/11/mengapa-kita-mempunyai-koreng.html

Bekas Luka
Bekas Luka

Ketika Anda tergores, hal pertama yang dilakukan tubuh Anda adalah menyumbat atau mempersempit pembuluh darah di area itu untuk mencegah pendarahan lebih lanjut. Protein di dalam darah seperti fibrin, membentuk lapisan pelindung di atas luka atau goresan yang disebut koreng (scab).

 Istilah medis untuk koreng adalah eschar. Koreng memiliki beberapa tujuan. Pertama, ia melindungi goresan agar tidak terkontaminasi oleh kuman dari luar ketika sedang dalam masa penyembuhan. Kedua, ia membantu menutup pembuluh darah di area itu untuk mencegahnya dari perdarahan lebih parah. Terakhir, ia berperan sebagai lapisan atau perlindungan bagi sejumlah sel kulit di bawah koreng agar tidak mengenai yang lain, sehingga bisa menyembuhkan luka.
Karena koreng penting dalam penyembuhan luka, maka janganlah Anda mengelupasnya. Hal ini bisa menunda penyembuhan luka atau bahkan membuat bekas goresan lebih buruk lagi. Biarkan saja koreng itu. Koreng itu pada akhirnya akan luruh ketika kulit di bawahnya sedah tertutup secara baik. Jika koreng berada di area yang melakukan banyak gerakan, seperti sikut atau lutut, Anda bisa menutupinya dengan penutup luka untuk mencegah agar koreng itu tidak terkelupas sebelum saatnya.
Support by: Aku Tanya
Copyright © 2014 Aku Tanya Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved