Pertanyaan Terbaru

Mengapa ada benjolan kecil pada lidah Anda?

http://aku-tanya.blogspot.com/2012/08/mengapa-ada-benjolan-kecil-pada-lidah.html

Lidah
Lidah

Benjolan kecil pada lidah Anda disebut pucuk perasa. Benjolan yang paling mudah dilihat adalah yang ada di bagian depan, mereka terlihat seperti jamur kecil dan disebut papillae berbentuk jamur. Jenis lain dari pucuk perasa, vallate dan foliate sulit untuk dilihat. Pucuk perasa tidak saja terdapat pada lidah Anda tetapi juga di belakang kerongkongan Anda. Mereka berperan dalam mengenali lima rasa yang berbeda : manis, asam, pahit, asin dan metalik (artinya ia terasa seperti metal).

Baru-baru ini, sejumlah peneliti telah menambahan cita rasa tambahan yang bisa dikenal oleh pucuk perasa ini, cita rasa itu dikenal dengan nama umami. Cita rasa ini digambarkan seperti sebuah kelezatan. Contohnya adalah keju yang sudah tua, jamur Portobello dan daging babi atau ikan yang diasap atau digulai. Pucuk perasa Anda tidak bekerja sendiri. Mereka bekerjasama dengan hidung Anda, yang memberikan kepekaan terhadap bau. Jika Anda menutup hidung dan makan kue cokelat, Anda mungkin tidak akan bisa engatakan bahwa kue itu mempunyai cita rasa cokelat dan bukan vanilla. Itulah sebabnya ketika Anda sedang pilek dan hidung Anda tersumbat, makanan Anda akan terasa sangat tawar.

Di bagian tengah lidah Anda dan kearah belakang (julurkanlah lidah Anda keluar dan lihat melalui cermin), ada garis-garis kecil dan kasar. Garis-garis itu dinamakan papillae berbentuk benang dan teksturnya membantu Anda untuk bisa menjilati makanan lembut seperti es krim. Jika Anda menyentuh bagian belakang lidah, Anda bisa merasakan benand-benang kasar atau lipatan ini.

Support by: Aku Tanya
Copyright © 2014 Aku Tanya Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved